Peran Pendidikan Formal, Keluarga, dan Masyarakat dalam Pendidikan Bencana
Keywords:
pendidikan bencana, pendidikan formal, masyarakat, keluarga, komunikasi bencana, disaster education, formal education, community, family, disaster communication.Abstract
Abstrak. Pendidikan bencana merupakan salah satu upaya mitigasi bencana yang penting untuk diberikan kepada masyarakat, utamanya kepada masyarakat Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara yang rawan akan bencana alam. Pendidikan bencana utamanya diberikan oleh pemerintah, tetapi pemerintah juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak demi terwujudnya pendidikan bencana bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dukungan dari berbagai pihak seperti instansi pendidikan formal, keluarga, dan diri masyarakat sendiri sangat diperlukan. Melalui penelitian pustaka dengan mengkaji berbagai referensi yang mendukung tujuan penelitian, penelitian ini akan mengungkap tentang peran ketiga pihak tersebut dalam penyelenggaraan pendidikan bencana di masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan formal berperan melalui pendidikan bencana di sekolah dan universitas, dimana siswa dan mahasiswa berperan sebagai perantara yang menyampaikan informasi dari atau menjadi perantara antara pendidikan formal dengan masyarakat. Peran keluarga dilakukan melalui transfer informasi dan pengalaman dari generasi yang lebih tua ke generasi yang lebih muda. Adapun peran masyarakat dilakukan melalui adanya “community leader” di masyarakat serta peran aktif pemuda.
Abstract. Disaster education is one of the vital disaster mitigation efforts to be given to the community, especially to the people of Indonesia, considering that Indonesia is a country that is prone to natural disasters. The government mainly provides disaster education, but the government also needs support from various parties to realize disaster education for all Indonesian people. Support from various parties such as formal education institutions, families, and the community is needed. Through library research by reviewing various references that support the research objectives, this research will reveal the role of these three parties in implementing disaster education in the community. The results show that formal education plays a role through disaster education in schools and universities, where students and students act as intermediaries that convey information from or become intermediaries between formal education and the community. The role of the family is carried out through the transfer of information and experience from the older generation to the younger generation. The role of the community is carried out through the existence of "community leaders" in the community and the active role of youth.