Potensi Google Classroom dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Abdul Arif Universitas Negeri Semarang

Keywords:

google classroom, keterampilan abad 21, pembelajaran daring, classroom, 21st century skills, online learning

Abstract

Abstrak. Satuan pendidikan di semua jenjang memberlakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) merespons situasi Covid-19. Penggunaan platform digital seperti WhatsApp, Google Classroom, dan Zoom menjadi tren dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Dari ketiga platform tersebut, Google Classroom memiliki keunggulan dari berbagai aspek. Mulai dari fitur hingga integrasi dengan platform lain. Karenanya, Google Classroom banyak digunakan di satuan Pendidikan. Di sini lain, pembelajaran daring di saat pandemi menjadi tumpuan utama dalam menjawab tantangan pembelajaran abad 21. Makalah ini mencoba mengkaji lebih mendalam tentang potensi Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan abad 21 pada pembelajaran daring. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan gambaran untuk pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom secara optimal. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dari buku dan hasil penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan, Google Classroom sangat mendukung untuk meningkatkan keterampilan abad 21, meliputi berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kreativitas.

Abstract. Education units at all levels apply online learning in response to the Covid-19 situation. The use of digital platforms such as WhatsApp, Google Classroom, and Zoom has become a trend in the implementation of online learning. Of the three platforms, Google Classroom has advantages in various aspects. From features to integration with other platforms. Therefore, Google Classroom is widely used in Education units. Here, on the other hand, online learning during a pandemic is the main focus in responding to the challenges of 21st century learning. This paper tries to examine more deeply the potential of Google Classroom in improving 21st century skills in online learning. The results of this study are expected to provide an overview for the optimal implementation of online learning using Google Classroom. The method used is a literature review from books and relevant research results. The results of the study show that Google Classroom is very supportive to improve 21st century skills, including critical thinking, communication, collaboration and creativity.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles