PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES BERBANTU APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF
Keywords:
teori multiple intelligences, kahoot, kemampuan kognitifAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memaparkan inovasi pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran berbasis
teori multiple intelligence yang terdapat delapan jenis kecerdasan, diantaranya kecerdasan: 1) verbal-linguistik;
2) logiska matematis; 3) visual spasial; 4) kinestetik; 5) musikal; 6) interpersonal; 7) intrapersonal; 8) naturalis.
Menggunakan bantuan aplikasi kahoot yang dapat digunakan dengan android/laptop untuk menciptakan suasa
belajar yang dapat mencakup seluruh kemampuan kecerdasasan yang dimiki siswa. Dalam praktik pembelajaran
kebanyakan belum memanfaatkan semua kecerdasan yang dipunyai siswa dalam kelas, guru hanya menilai hasil
akhir dari kemampuan siswa sehingga kemampuan kognitif siswa kurang bisa berkembang. sehingga perlu
dibuat inovasi pembelajaran yang mencakup selurug kecerdasan siswa. Untuk menunjang kemampuan kognitif
siswa penulis mencoba mencoba menggali pembelajaran matematika berbasis teori multiple intelligences
berbantu aplikasi kahoot. Simpulan dari artikel ini melalui pembelajaran berbasis teori Multiple intelegence
dengan Memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini yang dibantu aplikasi kahoot yang dapat menghadirkan
kecerdasan majemuk yang dimiliki peserta didik sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif matematis
peserta.