Grup Obrolan Online Whatsapp untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menulis Undangan Formal
Keywords:
whatsapp messenger, writing skill, online chat groupAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas grup obrolan online whatsapp untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam undangan formal pada siswa kelas sebelas. Dalam penelitian kuasi eksperimen ini terdapat tiga kegiatan yaitu pre-test, treatment, dan post-test. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis. Pre-test dan Post-test adalah menulis undangan formal dan memiliki empat komponen: Konten, organisasi, kosakata dan tata bahasa, tetapi kedua tes memiliki tema yang berbeda. Rerata skor antara kedua kelas sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan (Sig. (2-tailed) = 0,000). Oleh karena itu, H0 ditolak artinya disimpulkan bahwa grup obrolan online whatsapp efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam undangan formal pada siswa kelas XI.