Efektifitas Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Sentence Combining dengan Aplikasi Canva

Authors

  • Dewi Sartika Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wuli Fitriati Universitas Negeri Semarang
  • Suwandi Suwandi Universitas PGRI Semarang
  • Hendi Pratama Universitas Negeri Semarang

Keywords:

menulis, strategi sentence combining; aplikasi canva.

Abstract

Menulis adalah keterampilan yang bermanfaat untuk dipelajari oleh pembelajar EFL. Namun, siswa sering memiliki masalah dengan menulis. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa adalah menggunakan strategi sentence combining. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif strategi sentence combining dalam pembelajaran menulis bahasa Inggris siswa. Satu kelompok pra-eksperimen pretes postes desain diterapkan. Untuk menentukan sampel penelitian digunakan cluster random sampling. Kelas XI Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan terpilih. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis esai yang dievaluasi oleh dua penilai menggunakan rubrik penilaian menulis. Data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa t-obtained lebih tinggi daripada t-tabel (7.300>2.00). Dengan kata lain, penerapan strategi sentence combining yang disertakan penggunaaan aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dengan demikian, diharapkan agar guru dapat menggabungkan strategi menulis dan penggunaan aplikasi Canva sehingga dapat memotivasi siswa untuk menghasilkan karya tulisan terbaiknya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles