Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Post Pandemic: Studi Kasus di SMA Kab. Majalengka

Authors

  • Eka Nurhidayat Universitas Negeri Semarang
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Issy Yuliasri Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

integrasi teknologi; pembelajaran jarak jauh.

Abstract

Latar Belakang: Implementasi pemakaian Teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas (SMA) sepanjang masa transisi akibat Pandemi COVID- 19 berakibat signifikan dalam proses pembelajran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru tentang dampak dan faktor-faktor dalam mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran Bahasa Inggris sepanjang periode pembelajaran jarak jauh. 10 Guru Bahasa Inggris SMA di Kab. Majalengka diseleksi selaku sampel dalam penelitian ini. 

Metode: Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menguji pengalaman guru Bahasa Inggris mengintegrasikan Teknologi ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode pengumpulan informasi meliputi angket serta wawancara. Penelitian ini diharapkan bisa membagikan cerminan tentang akibat integrasi Teknologi sepanjang periode pembelajaran jarak jauh. 

Hasil: Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dampak integrasi teknologi adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam kelas bahasa, meningkatkan pembelajaran mandiri dan keterpusatan peserta didik, dan meningkatkan interaksi dan komunikasi.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles