Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Kewirausahaan di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus
Keywords:
evaluasi; model CIPP; kewirausahaan.Abstract
Data tingkat pengangguran terbuka menurut tingkat pendidikan dari Badan Pusat Statistika menunjukkan bahwa jumlah pengangguran pada lulusan SMK masih sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penanaman mental berwirausaha danĀ tingkat kemandirian dalam membuka lapangan pekerjaan masih kurang serta ketercapaian tujuan pendidikan kewirausahaan masih belum mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu perlu dilaksanakannya evaluasi pada kurikulum yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengevaluasi tingkat pencapaian dan kesesuaian antara program yang telah direncanakan dengan pelaksanaan dan hasil yang dicapai pada pelaksanaan kurikulum pendidikan kewirausahaan menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan Mix Method (kombinasi). Berdasarkan pada analisis hasil penelitian pada aspek konteks menunjukan visi, misi dan tujuan sekolah sudah sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional, serta disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Aspek input menunujukan peserta didik, pendidik dan sarana prasarana sebagai komponen pendukung termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek proses menunjukan dalam penyusunan dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pelaksanaan Pembelajaran sudah sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku dan berjalan dengan sangat baik. Aspek produk menunjukan ketercapaian nilai-nilai kewirausahaan dan minat berwirausaha siswa kelas XI dan XII jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut termasuk dalam kategori baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pelaksanaan kurikulum pendidikan kewirausahaan sehingga sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas dalam pembelajaran, penyediaan sarana dan prasarana, serta meningkatkan profesionalisme sumber daya pendukung.