Peran Screen Time dan Gadget Terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini

Authors

  • Farah Maulida Haura Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Screen time, gadget, kemampuan berbahasa, anak usia dini

Abstract

Banyak penelitian yang menemukan bahwa screen time memiliki dampak buruk pada perkembangan berbahasa anak usia dini. Anak-anak sering menggunakan gadget untuk bermain game dan menonton video, oleh karena itu dampak negative seringkali ditemukan pada anak yang menggunakan gadget. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan screen time dan gadget untuk mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, ketika banyak penelitian yang mendapatkan hasil bahwa screen time merupakan penyebab keterlambatan berbicara pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi artikel secara sistematis. Melalui pencarian, ditemukan 7 artikel sesuai dengan karakteristik yang telah ditentukan. hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa Screen time dan gadget memiliki peran positif dalam perkembangan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, bahkan pada beberapa anak, screen time dan gadget membantunya untuk memperoleh keterampilan bahasa Inggris dan literasi. Melalui aplikasi atau permainan interaktif, media ini berkontribusi pada kegiatan yang mencakup ketrampilan literasi dan peningkatan kosakata.  Namun, kontrol dan pengawasan orang tua terhadap screen time juga memegang peranan penting, bahwa orang tua harus terlibat secara aktif ketika screen time sedang berlangsung.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles