Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan MIKIR di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Kristi Liani Purwanti Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluyo Universitas Negeri Semarang
  • Rochmad Rochmad Universitas Negeri Semarang
  • Alvina Diah Ayu Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Keywords:

pemahaman konsep; pembelajaran berdeferensiasi; siswa kelas 5.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematika siswa kelas 5 pada pembelajaran berdeferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan subjek penelitian terdiri dari guru kelas 5 di MI Nashrul Fajar Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada proses pembelajaran, dokumentasi melihat skenario pembelajaran dan lembar kerja serta wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa pemahaman matematika siswa meningkat dengan penggunakan pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan MIKIR baik pada kelompok diatas rata-rata menyelesaikan operasi pecahan dengan cara KPK, kelompok rata-rata menyelesaikan operasi pecahan dengan kupu-kupu ataupunĀ  kelompok dibawah rata-rata menyelesaikan operasi pecahan dengan cara bantuan benda konkrit yaitu kertas origami.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles