Literatur Review: Efektivitas Penerapan Pendidikan Seksual di Sekolah Formal untuk Anak Usia Dini
Keywords:
Pendidikan Seksual, Sekolah Formal, Anak Usia Dini, Sexual Education, Formal School, Early ChildhoodAbstract
Abstrak. Pendidikan seksual merupakan salah satu upaya untuk menghentikan kejadian pelecehan yang sering terjadi baik di sekolah pendidikan formal, informal maupun di masyarakat. Dengan adanya pendidikan seksual, maka anak didik khususnya anak usia dini akan memperoleh pengetahuan seks dan terlindungi dari pelecehan yang tidak diinginkan. Hal ini sebenarnya bukan hanya diperlukan untuk anak didik normal saja, akan tetapi juga anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari artikel ini adalah untuk meriview bagaimana penerapan pendidikan seksual untuk anak usia dini terutama di sekolah formal yang telah berhasil efektif dilaksanakan. Metode yang digunakan pada tulisan ini ialah metode literatur review, dengan 9 artikel yang memiliki macam desain penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa betapa pentingnya mengedukasi seorang anak tentang pendidikan seksual yang akan berguna untuk masa datang mereka nanti.
Abstract. Sexual education is one of the efforts to stop the incidence of harassment that often occurs in formal, informal education schools and in the community. With sexual education, students, especially early childhood, will gain knowledge about sex and be protected from unwanted sexual harassment. This is actually not only needed for normal students, but also for children with special needs. The purpose of this article is to review how the implementation of sexual education for early childhood, especially in formal schools, has been successfully implemented. The method used in this paper is the literature review method, with 9 articles that have various research designs. The results of this study indicate how important it is to educate a child about sexual education that will be useful for their future.