Systematic Review: Proses Berpikir Dinamis pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Megita Dwi Pamungkas Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

berpikir dinamis, matematika, systematic review, dynamic thinking, mathematics

Abstract

Abstrak. Peneliti di bidang pendidikan matematika juga terus bertambah. Hal tersebut menjadikan penelitian tentang review artikel sangat penting dilakukan, karena dapat membantu peneliti dalam menentukan penelitian yang akan dilakukan. Dalam kajian ini dilakukan review atas artikel penelitian tentang berpikir dinamis di pendidikan matematika. Peneliti telah menyelidiki dynamic thinking, namun apa yang sedang diteliti beragam. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran tentang berpikir dinamis yang dibahas dalam penelitian pendidikan matematika. Dalam penelitian ini, kami menganalisis 22 artikel yang diterbitkan dari 1999-2020 dengan melakukan systematic review. Kami telah mencari artikel di database Web of Science berbantuan software Harzing’s Publish and Perish dengan satu kata kunci atau kombinasi kata kunci. Kata kunci atau kombinasi kata kunci yang digunakan antara lain dynamic thinking, dynamic of mind, kombinasi dari dynamic thinking dan mathematics. Kami telah melakukan tinjauan sistematis secara induktif menemukan berpikir dinamis yang dibahas dalam pendidikan matematika. Kami menemukan masih banyak hal-hal yang belum diteliti oleh peneliti. Peneliti banyak didominasi dari Amerika Serikat dan Kanada. Artikel ini juga memberikan gambaran umum tentang penelitian proses berpikir dinamis yang berbeda titik fokusnya yaitu proses kognitif (pemrosesan informasi, abstraksi, restrukturisasi, imaginasi, pembuatan keputusan perseptual), pemikiran, kemampuan kognitif, kognisi, fMRI, pengaruh lingkungan, dan gerakan.

 

Abstract. Researchers in the field of mathematics education are also growing. This makes research on article reviews very important to do, because it can help researchers in determining the research to be carried out. In this study, a review of research articles on dynamic thinking in mathematics education was carried out. Researchers have investigated dynamic thinking, but what is being studied is diverse. The purpose of this article is to provide an overview of dynamic thinking discussed in mathematics education research. In this study, we analyzed 22 articles published from 1999-2020 with systemtic review. We have searched for articles in the Web of Science database assisted by harzing's publish and perish software with a single keyword or keyword combination. Keywords or combinations of keywords used include dynamic thinking, dynamic of mind, a combination of dynamic thinking and mathematics. We have conducted a systematic review inductively finding dynamic thinking that is discussed in mathematics education. We found that there are still many things that have not been researched by researchers. Researchers are mostly from the United States and Canada. This article also provides an overview of the research of dynamic thought processes whose different focal points are cognitive processes (information processing, abstraction, restructuring, imagination, perceptual decision making), thinking, cognitive abilities, cognition, fMRI, environmental influences, and movement.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles