Strategi Transformasi Mutu Pendidikan Keperawatan Menuju Reputasi Internasional Berbasis SDGs
Keywords:
transformasi perguruan tinggi, pendidikan keperawatan, Sustainable Development Goals, reputasi internasional, mutu pendidikan, higher education transformation, nursing education, international reputation, quality of educationAbstract
Perawat merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan, sehingga perguruan tinggi keperawatan memiliki peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia keperawatan yang unggul secara akademik dan klinis, adaptif, serta berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi transformasi yang efektif dalam memperkuat reputasi internasional perguruan tinggi keperawatan berbasis SDGs. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka terhadap berbagai sumber ilmiah, termasuk buku, artikel jurnal, laporan penelitian, dan dokumen kebijakan. Data diperoleh melalui Google Scholar dari 18 studi empiris yang terbit dalam sepuluh tahun terakhir (2016–2025) serta 9 dokumen kebijakan pemerintah. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi peningkatan mutu pendidikan keperawatan dalam perspektif SDGs meliputi internasionalisasi kurikulum dan pedagogi, peningkatan kualitas dosen dan instruktur klinik, penyediaan lahan praktik yang berkualitas, penguatan tata kelola dan kebijakan institusi, pemenuhan sarana pembelajaran, penguatan penelitian dan publikasi, penyediaan sumber daya finansial yang memadai, kemitraan dengan industri dan layanan kesehatan, serta peningkatan seleksi mahasiswa. Secara keseluruhan, strategi tersebut dapat mendorong terwujudnya sistem pendidikan keperawatan yang lebih adaptif, berkelanjutan, dan berdaya saing internasional.