Peran Kepemimpinan Ekologis terhadap Resiliensi dan Kinerja Pendidik
Keywords:
SDGs, kepemimpinan ekologis, resiliensi, kinerja pendidik, ecological leadership, resilience, teacher performanceAbstract
Perubahan global, transformasi digital, dan meningkatnya kompleksitas dunia pendidikan menuntut adanya model kepemimpinan yang tidak hanya berorientasi pada hasil akademik, tetapi juga pada keseimbangan ekologis, kesejahteraan, dan ketahanan pendidik. Dalam konteks ini, kepemimpinan ekologis menjadi paradigma baru yang menekankan harmoni antara manusia, organisasi, dan lingkungan pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam bagaimana kepemimpinan ekologis diterapkan dalam konteks pendidikan dan bagaimana gaya kepemimpinan ini berkontribusi terhadap penguatan resiliensi pendidik dalam menghadapi dinamika lingkungan kerja yang kompleks. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana resiliensi pendidik berperan dalam meningkatkan kinerja berkelanjutan, serta mengkaji kemungkinan integrasi antara kepemimpinan ekologis dan resiliensi sebagai strategi efektif dalam membangun kinerja pendidik yang adaptif, inovatif, dan berorientasi pada keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik library research terhadap publikasi ilmiah tahun 2020–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kepemimpinan ekologis dan resiliensi mampu memperkuat kesejahteraan psikologis, daya lenting, serta kinerja berkelanjutan pendidik. Secara ilmiah, penelitian ini memperkaya khazanah kepemimpinan pendidikan berbasis ekologi; secara praktis, memberikan arah strategis bagi pemimpin sekolah dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan ekosistem pendidikan yang adaptif dan berkelanjutan.