Potret Penggunaan Pendekatan Multimodal Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang
Keywords:
pendekatan multimodal; literasi; keterampilan menulis; canvaAbstract
Literasi adalah kemampuan untuk menyadari dan mengetahui tentang aktivitas yang ada atau situasi yang dihadapi. Literasi digital sangat penting untuk pengembangan manusia, khususnya bagi siswa. Hal ini juga dapat digunakan di kelas untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Menulis adalah salah satu kemampuan yang diajarkan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Studi yang disajikan dalam makalah ini berfokus pada penggunaan aplikasi Canva dalam membantu keterampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai desain penelitian. Mahasiswa semester dua Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran menjadi peserta penelitian ini. Studi ini menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan multimodal untuk mengajar dan belajar menulis meningkatkan keterlibatan siswa dengan meningkatkan kemampuan membuat makna mereka dengan penggunaan teknologi sebagai alat.