Identifikasi Keterampilan Menulis Poster Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Teknik Aplikasi Poster Maker dan Media Gambar di Internet

Authors

  • Sumirah Sumirah Universitas Negeri Semarang
  • Andi Maulana Universitas Negeri Semarang
  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang
  • Hari Bakti Mardikantoro Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

keterampilan menulis poster; aplikasi poster maker; media gambar di internet

Abstract

Menulis merupakan kegiatan menciptakan ide gagasan yang dimiliki seseorang sehingga tidak semua siswa mampu dan senang untuk menulis, apalagi dalam menulis poster. Tidak jarang siswa enggan untuk mengerjakan tugas menulis poster yang telah diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis poster siswa kelas VIII sekolah menengah pertama menggunakan teknik aplikasi poster maker dan media gambar di internet. Untuk mengidentifikasi kemampuan menulis poster siswa kelas VIII sekolah menengah pertama menggunakan teknik aplikasi poster maker dan media gambar di internet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran menggunakan literasi digital yaitu menggunakan Aplikasi Poster Maker dan media gambar di internet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Kesugihan berjumlah 224 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa di kelas VIII B. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan menulis poster menggunakan Aplikasi Poster Maker dan media gambar di internet, yaitu dengan kuesioner menggunakan nilai yang telah disepakati dengan menggunakan 5 aspek penilaian menulis poster menggunakan skor 1 – 4. Hasil penelitian menggunakan teknik aplikasi  poster maker dan media gambar ini mengalami kenaikan yang signifikan terhadap keterampilan menulis poster sehingga dapat digunakan dan diterapkan untuk pembelajaran di kelas. Implikasi penelitian ini dapat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar siswa dan memotivasi semangat belajar siswa menjadi tinggi.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles