Analisis Kebutuhan Pembelajaran Aktivitas Fisik pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Usia 4-5 Tahun Berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT)

Authors

  • Afif Khoirul Hidayat Program Studi Pendidikan Olahraga, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III Semarang, Indonesia

Keywords:

analisis; kebutuhan; aktivitas: anak; BCCT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan pembelajaran aktivitas fisik pada siswa PAUD usia 4-5 tahun berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Dalam penelitian ini juga dianalisis berbagai macam kebutuhan yang dapat menunjang proses penelitian selanjutnya, yaitu pengembangan pembelajaran aktivitas fisik pada siswa usia 4-5 tahun berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang mengacu pada pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua yang berasal dari delapan lembaga PAUD yang terdiri dari dua kabupaten Sleman, dua kabupaten Bantul, satu kabupaten Gunung Kidul, dua kabupaten Kota, dan satu kabupaten Kulon Progo. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara langsung. Data yang terkumpul diklasifikasikan sehingga kebutuhan guru, siswa, dan orang tua pada pembelajaran aktivitas fisik pada siswa PAUD usia 4-5 tahun berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dapat dijelaskan masing-masing secara tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 0% responden yang menyatakan sangat tidak membutuhkan, terdapat 0% responden yang menyatakan tidak membutuhkan, terdapat 0% responden yang menyatakan ragu-ragu, terdapat 16,67 % responden yang menyatakan membutuhkan dan terdapat 83,33%responden yang menyatakan sangat membutuhkan. Data hasil penelitian juga menunjukan bahwa mayoritas responden setuju untuk perlunya dirancang dan dikembangkan sebuah pembelajaran aktivitas fisik pada siswa PAUD usia 4-5 tahun berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Adapun jenis-jenis aktivitas fisik yang dibutuhkan adalah berbagai macam permainan yang mengandung unsur berlari, melompat, meloncat, berguling, memanjat dan bermain di luar kelas.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles