Efek Suplementasi Terhadap Peningkatan Tumbuh Kembang Anak: A Systematic Literature Review

Authors

  • Arfiana Arfiana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tandiyo Rahayu Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Intan Zaenafree Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dina Nur Anggraini Ningrum Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

child development, monitoring, efek suplementasi

Abstract

Latar Belakang: Target global untuk tahun 2030 diantaranya memastikan bahwa semua anak memiliki akses ke perawatan perkembangan anak usia dini yang berkualitas. Salah satu program yang digencarkan untuk memperbaiki status gizi adalah dengan suplementasi gizi.

Tujuan: Menganalisis efek suplementasi terhadap peningkatan tumbuh kembang anak sebagai dasar pemilihan suplemen yang efektif dalam pengembangan program layanan kesehatan masyarakat yang optimal.

Metode: Sistematik review ini ditulis berdasarkan pada panduan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA) melalui database elektronik PubMed. Kata kunci yang digunakan yaitu “Child Development” AND “Monitoring”  AND “Suplementation” sehingga didapatkan sebanyak 6 artikel yang dianalisis.

Hasil: Dari hasil beberapa studi yang mengkaji efek suplementasi terhadap peningkatan tumbuh kembang anak menyatakan bahwa suplementasi pada pasta mentah atau bubur dengan kandungan 98% mikronutrien harian yang direkomendasikan untuk anak di bawah 4 tahun terbukti efektif memperbaiki komposisi tubuh. Suplemen vitamin D oral efektif dalam meningkatkan kadar 25(OH)D ke kisaran fisiologis. Namun, intervensi suplemen vitamin D tidak berdampak pada tinggi badan menurut usia, indeks massa tubuh, komposisi tubuh, atau perkembangan pubertas. Lipid-based nutrient supplementation (LNS), dinilai efektif diberikan pada anak-anak maupun ibu hamil karena dapat menurunkan stunting dan anemia. Suplementasi omega-3 FA maupun omega-6 FA juga baik digunakan untuk meningkatkan perkembangan anak karena aman tidak memengaruhi Children’s Depression Inventory (CDI).

Kesimpulan: Beberapa suplemen yang disarankan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak adalah suplemen dengan 98% kandungan mikronutrien, lipid-based nutrient supplementation (LNS), dan suplementasi omega-3 FA maupun omega-6 FA karena mampu meningkatkan komposisi tubuh, menekan kasus stunting dan anemia, serta meningkatkan perkembangan anak tanpa mempengaruhi memengaruhi Children’s Depression Inventory.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles