Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran EPIC-RA

Authors

  • Arie Wahyuni Pendidikan Matematika, Fakultas Saintek, Universitas Ivet, Pawiyatan Luhur IV No. 17 Semarang, Indonesia
  • Sukestiyarno Sukestiyarno Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Arief Agoestanto Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Adi Nur Cahyono Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Nuriana Rachmani Dewi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Bambang Eko Susilo Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kelud Utara III Semarang, Indonesia

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran EPIC-RA

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan dalam diri mahasiswa dikarenakan kemampuan komunikasi matematis memiliki pemahaman matematis yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran EPIC-RA. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Instrument penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model EPIC-RA lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles