Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kelas Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (ESP) Bagi Calon Guru
Keywords:
ESP, Pembelajaran, Proyek, dan Calon GuruAbstract
Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi manfaat dan bagaimana Proyek Berbasis Learning (PBL) sebenarnya diterapkan dalam kelas ESP. Ini juga bertujuan untuk menyelidiki masalah yang timbul dalam kelas ESP bagi calon guru di Universitas PGRI Palembang. Mengajar kelas ESP harus mencakup secara teoritis dan praktis. Calon guru di Universitas PGRI Palembang cenderung memahami teori tetapi tidak memiliki ide dalam penerapannya dalam situasi sebenarnya. PBL dapat menjadi salah satu alternatif dalam pengajaran mata kuliah ESP dimana mahasiswa tidak hanya belajar teori tetapi juga membuat proyek untuk mengimplementasikan teori yang telah mereka dapatkan. Selain menyajikan teori, para mahasiswa mata kuliah ESP diminta merancang buku kuliah untuk bidang tertentu dari belajar. Buku-buku tersebut dirancang berdasarkan analisis kebutuhan sasaran itu mereka lakukan dengan mewawancarai dan mengamati situasi sasaran. Menugaskan proyek buku memungkinkan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam merancang sebuah Buku kelas ESP fokus konten dan fokus bahasa. Ini juga bisa merangsang kemampuan mahasiswa dalam membuat desain dan template buku, namun, bimbingan dosen diperlukan karena beberapa mahasiswa bingung dalam menentukan dan menyusun soal latihan pada buku.