Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Materi Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Aswadi Jaya Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Frimadhona Syafri Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Rahayu Puji Haryanti Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi 4C mana yang terwakili dalam buku pelajaran SMA kelas 11 dan strategi apa yang diterapkan untuk meningkatkan kompetensi tersebut. Nama buku ajar yang diperiksa adalah “Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA/SMK/MK” terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis dokumen. Selain itu, topik berisi teks, gambar, dan instruksi dari buku teks. Tujuan survei adalah untuk menyajikan kompetensi 4C (komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah) dalam buku teks. Menggunakan metode daftar periksa, informasi dikumpulkan untuk melabeli representasi kompetensi 4C dalam tugas buku teks. Ini diikuti dengan metode terperinci untuk mengeksplorasi strategi mengaktifkan keterampilan melalui aktivitas. Penyajian kompetensi 4C dapat dilihat dari petunjuk tugas yang ada di buku ajar. Selain itu, pemikiran kritis dan pemecahan masalah adalah keterampilan 4C yang dominan dalam buku teks. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles