Comparative Study of Curriculum In Amt (Advanced Mathematical Thinking) Learning Models In Indonesia And Australia

Authors

  • Ayu Aristika Pendidikan Matematika, FTK, Universitas Islam An Nur Lampung, Lampung, Indonesia

Keywords:

Studi Komparatif, AMT (Advanced Mathematical Thinking), Kurikulum, Penalaran Matematika

Abstract

Penyesuaian kurikulum memang sangat penting dalam proses pendidikan di suatu bangsa agar menciptakan pembelajaran yang efektif. Indonesia memiliki kurikulum merdeka yang memang masih terus dikembangkan tak terlepas dalam pembelajran matematika yang masih banyak problem dalam proses pembelajrannya. Begitupun Australia dengan kurikulum Reframing Mathematical Futures II (RMFII) dan ACARA yang masih fokus dalam pengembangan nalar siswa terhadap pemahaman matematika dan sains. Tujuan utama dalam analisis isi adalah untuk mencapai konsep dan hubungan yang dapat menjelaskan data yang terkumpul agar hasil dari analisis deskriptif dan konten, persamaan dan perbedaan antara kurikulum kedua negara dapat terungkap. Studi komparatif dengan pendekatan kualitatif dilakukan agar persamaan dan perbedaannya menjadi eksplisit. Alat pengumpulan data utama adalah kurikulum dan buku teks matematika kedua negara, sehingga analisis dokumen merupakan teknik metodologis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil belajar matematika ditentukan banyak faktor, baik dari dalam diri siswa ataupun dari luar siswa. Faktor dari dalam siswa, diantaranya; bakat, motivasi, sikap, tingkat kecerdasan. Sedangkan faktor dari luar, diantaranya; kurikulum, metode dan strategi, assesment, sumber belajar, lingkungan, dan performa guru. medote pembelajaran di Australia sangat di dukung oleh tenaga pengajar dan juga peran negara dalam pengembangan. Itu yang membuat pembelajaran disana sangat efektif dalam proses pemahaman tingkat lanjut.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles