Penguatan Globalisasi Industri Olahraga melalui Sport Events

Authors

  • Bayu Iswana Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl. Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Nasuka Nasuka Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl. Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Sugiharto Sugiharto Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl. Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Hadi Hadi Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl. Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia

Keywords:

Globalisasi Industri Olahraga, Sport Event

Abstract

Industri Olahraga adalah kegiatan ekonomi bidang Olahraga dalam bentuk produk barang dan/atau jasa yang memberi nilai tambah atau manfaat yang lebih tinggi dan berdampak pada perekonomian masyarakat dan Olahraga. Metode yang digunakan adalah menggunakan Sytematic Literatur Review menganalisis peluang potensi industri olahraga dengan mengumpulkan artikel melalui google scholar. Potensi dihasilkan dari kegiatan olahraga yang berjenjang dilihat dari sisi pelaku olahraga serta beberapa sektor yang berdampak akibat penyelenggaraan event olahraga. Setelah melakukan kajian terhadap beberapa liteatur yang dianalisis bahwa event olahraga melibatkan beberapa unsur seperti wasit, pelatih, menejer, dan pelaku ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan terselenggaranya event olahraga. Peran ilmu pengetahuan olahraga terhadap globalisasi dalam bidang olahraga dapat menciptakan kesinergisan antara disiplin ilmu. Adanya beberapa teori yang menjelaskan perkembangan industri berdampak terhadap sektor olahraga dari berbagai kegiatan seperti penataran pelatih, wasit, aparat pertandingan. Kegiatan tersebut tumbuh serta dapat menumbuhkan nilai ekonomi dari seluruh individu yang terlibat didalamnya. Beberapa sektor yang terlibat akibat kegiatan tersebut diantaranya sektor transportasi, perhotelan, pariwisata, produksi pangan, dan bebrapa sektor yang lain. Selain itu pengaruh media sebagai ajang promosi kegiatan sangat menentukan keberhasilakn sebuah event olahrga dimana media yang digunakan sebagai lahan untuk memasarkan kegiatan disebuah event olahraga mengikuti fasilitas pada era digital saat ini.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles