Pendidikan Karakter pada Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Literatur

Authors

  • Broto Priyono Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Febriyanti Himmatul Ulya Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Suwito Eko Pramono Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • M. Khalid Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Amir Mahmud Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jalan Kelud Utara III Semarang, Indonesia

Keywords:

pendidikan karakter; pendidikan vokasi; Systematic Literature Review

Abstract

Pendidikan tinggi vokasi merupakan tempat untuk mencetak peserta didik dengan keahlian yang siap pakai. Keahlian yang dimiliki peserta didik harus diseleraskan dengan karakter yang baik. Karakter yang baik dapat menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang positif sehingga menjadi individu yang produktif. Pada pendidikan tinggi vokasi, pembelajaran orientasi lapangan lebih dominan, sehingga pendidik harus mendampingkan pembelajaran untuk melatih hard skill dan soft skill. Karakter yang baik akan ditanamkan melalui pelatihan soft skill, sehingga peserta didik siap untuk menjalani kehidupan di tengah masyarakat. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui pembentukan karakter pada Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Berdasarkan hasil penelitian, pendidikan karakter sudah diajaran sejak usia dini, sehingga pendidikan karakter pada pendidikan tinggi berada pada tahap penguatan. Metode yang digunakan dalam memberikan Pendidikan karakter pada PTV adalah dengan peneladanan yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika. Pendidikan karakter pada PTV lebih fleksibel karena kurikulum pada PTV menyesuaikan kebutuhan industri. Peran dosen sebagai pendidik karakter yang berkenaan langsung dengan peserta didik dapat didampingkan pada proses pembelajaran danĀ  praktik kerja.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles