Penggunaan Platform Online untuk Pembelajaran

Authors

  • Dewi Hasanah Managemen Kependidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Muhammad Khafid Managemen Kependidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Amir Mahmud Managemen Kependidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia

Keywords:

pembelajaran online; komputer akuntansi

Abstract

Saat terjadi Pandemi COVID19, siswa melaksanakan pembelajaran secara online dengan menggunakan berbagai platform. Pada pembelajaran computer akuntansi secara online, pembelajaran Blended Learning dapat diterapkan dengan menggunakan Google Classroom, Zoom, dan Youtube, disingkat ZOGY (Zoom, Google Classroom, Youtube). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan platform online dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus pada penggunaan platform online pada pembelajaran computer akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan Blended learning dengan menggunakan platform online Zoom, Google Classroom, Youtube memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru, memperoleh materi pembelajaran, jobsheet, penilaian dan pengumpulan tugas melalui google classroom, melihat video pembelajaran melalui youtube, serta melakukan praktik mandiri menggunakan smartphone. Selain itu adanya video pembelajaran yang diunggah di youtube, memungkinkan peserta didik untuk mengulang kembali menyaksikan video sehingga mempermudah peserta didik dalam melakukan praktik. Meskipun saat ini telah dilakukan pembelajaran tatap muka, penerapan model pembelajaran ini masih layak diterapkan dan terbukti membantu peserta didik dalam pembelajaran computer akuntansi.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles