Literatur Review: Efektifitas High-intensity interval training Terhadap Peningkatan VO2 Max

Authors

  • Didi Yudha Pranata Program Studi Doctoral Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

HIIT; VO2Max; Atlet

Abstract

Tujuan utama penelitian ini yaitu mengkaji High-intensity interval training menjadi metode latihan untuk meningkatkan VO2 Max bagi atlet atau penggiat olahraga yang diterapkan dengan metode eksperimental. Sebanyak 177 artikel dari google scholar, 674 artikel dari ScinceDirect dan 100 artikel dari Open Knowledge Maps sehingga jumlah artikel yang diidentifikasi secara keseluruhan yaitu 891 artikel. Selanjutnya penulis menganulir 841 artikel sehingga hanya 50 artikel yang tersisa dari 50 artikel ini disesuai kreteria inklusinya seperti tahun hanya diambil 5 tahun terakhir, terindeks sinta (S1-S4) dan terindeks quartile (Q1-Q2) sehingga penulis menemukan 17 artikel yang sesuai dengan kreteria inklusi dan mengunduh serta menyaring kelayakan dengan membaca abstrak, metode dan hasil dari artikel. Dari hasil penyaringan didapatkan 7 artikel yang layak dan sesuai.

Hasil review menunjukan bahwa High-intensity interval training memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap VO2 Max para atlet dan penggiat olahraga terutama olahraga-olahraga yang memerlukan ketahanan aerobik dan anaerobik, serta untuk mendapatkan hasil yang maksimal latihan High-intensity interval training dilakukan 6 sesi latihan dalam 5 hari dengan akumulasi waktu latihan ≥90%.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles