Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau Dari Gender

Authors

  • Dwi Erna Novianti Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP PGRI Bojonegoro, Jl. Panglima Polim 46 Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
  • Puput Suriyah Pendidikan Matemtika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Zaenuri Zaenuri Pendidikan Matemtika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Analisis Kesalahan; Pemecahan Masalah; Gender; Phytagoras

Abstract

Matematika sebagai ilmu dasar yang dalam proses menyelesaikan masalahnya terdapat beberepa langkah. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar siswa melakukan kesalahan dalam melakukannya, sehingga menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah diitinjau dari Gender merupakan tujuan dari penelitian ini. Peneliti melakukan penelitian di SMPN 4 Bojonegoro pada kelas VIII. Untuk menentukan sampel  menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan beberapa kategori yaitu melihat hasil nilai di bawah KKM dan di atas KKM, mengelompokkan siswa menurut gender. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  metode observasi, dokumentasi, tes, metode wawancara. Sementara itu, terkait dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan  metode. Instrumen yang digunakanadalah soal tes pada materi phytagoras dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1)Terdapat Perbedaan tipe kesalahan antara subjek perempuan dan subjek laki-laki di atas KKM, yaitu tipe kesalahan yang dialami subjek perempuan lebih sedikit dibanding subjek laki-laki. 2) Terdapat perbedaan tipe kesalahan antara subjek yang mempunyai nilai di bawah KKM dan di atas KKM. 3) Subjek di atas KKM maupun di bawah KKM tidak terdapat satupun tipe kesalahan membaca. 4) Terdapat salah satu subjek yang mengalami tipe kesalahan yang tidak tercover pada tipe kesalahan Newman.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles