Menuju Era Globalisasi Pendidikan: Tantangan dan Harapan Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti Program Studi Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Fakhruddin Fakhruddin Program Studi Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Kardoyo Kardoyo Program Studi Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Mintarsih Arbarini Program Studi Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

globalisasi, wawasan global, tantangan dan harapan, mutu Pendidikan

Abstract

wawasan global adalah cara pandang yang timbul dari kesadaran bahwa dalam hidup ini semuanya selalu berhubungan dengan dunia yang lebih luas, dunia global. Setiap dunia Pendidikan di tanah air tidak mungkin mengisolasi diri dari pengaruh blobal. Lembaga Pendidikan sudah memperhatikan setiap perubahan yang muncul dalam dunia global, oleh karena itu setiap Lembaga Pendidikan perlu memperhatikan kepentingan Bersama. Setiap Lembaga Pendidikan perlu mengindari pemikiran sempit, terkotak-kota secara subjektif, konvensional dan berpikir dengan cara pragmatis.  Ada dua landasan pijakan berpikir dalam pembangunan pendidikan. Yang pertama visi pendidikan Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya profil pelajar Pancasila.  Yang kedua, ditinjau dari berbagai macam tantangan pendidikan. Antara lain guru sebagai sumber pengetahuan satu-satunya. Namun arahan di masa depan, guru menjadi fasilitator berbagai sumber pengetahuan. Selain itu, kondisi pembelajaran saat ini fokus kepada kegiatan tatap muka. Sementara di masa depan, pembelajaran sudah harus memanfaatkan teknologi. Konsep pendidikan global menekankan pada cara berfikir inklusif , bila tak sekedar ingin memperluas informasi tentang keterkaitan global. Dengan pendidikan global diharapkan kualitas sumber daya manusia akan lebih meningkat. Pendidikan tidak lagi berpusat pada guru akan tetapi berpusat pada siswa. Sehingga output dari pendidikan akan dapat ditingkatkan mutunya dan mampu bersaing di tengah era globalisasi.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles