Evaluasi Program Pembelajaran Fisika Inti untuk Calon Guru Fisika Menggunakan Model CIPP

Authors

  • Edi Daenuri Anwar Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Sarwi Sarwi Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Ani Rusilowati Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Program Doktor Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl Kelud Utara III Semarang, Indonesia

Keywords:

evaluasi Program; pembelajaran Fisika; CIPP

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan harus memberikan informasi dan pertanggungjawaban kepada publik dan stakeholder tentang berbagai aspek yang terkait dengan pelaksanaan dan hasil yang dicapai. Evaluasi program berguna untuk mengevaluasi pembelajaran dan perbaikan-perbaikan. Evaluasi Program bertujuan  untuk mengetahui keberhasilan suatu program pembelajaran secara menyeluruh, termasuk  untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki. Evaluasi pembelajaran fisika Inti ini menggunakan model CIPP ( context, input, Process, dan product). Hasil dari penelitian ini adalah 1. Evaluasi Context program , bahwa pembelajaran Fisika Inti memiliki karakteristik pemahahaman konsep dan matematika sedangkan hasil angket bahwa   pembelajaran Fisika inti. 2. Evaluasi Input terhadap pembelajaran fisika inti  adalah kemampuan matakuliah pendukung ditunjukkan dengan   kesiapan sumber belajar dan bahan ajar, kepatuhan terhadap aturan dan kesiapan untuk memelajari materi yang akan dipelajari  3. Bahwa Process pembelajaran dilakukan secara on line sehingga evaluasi Proses meliputi kesesuaian waktu perkuliahan dengan jadwal, perilaku mahasiswa dalam perkuliahan dengan menghidupkan kamera/ mematikan kamera, tingkat kefahamana  terhadap proses pembelajaran  dan keaktifan bertanya terhadap materi yang belum faham. 4. Evaluasi Produk, dalam hal evaluasi bahwa 100% mahasiswa lulus  dalam perkuliahan.  Rekomendasi bahwa perlu adanya pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan karakteristik materi fisika inti bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan computational thinking (52%), problem base learning ( 45%) dan lainnya ( 3%),

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles