Evaluasi Program Pembelajaran Fisika Inti untuk Calon Guru Fisika Menggunakan Model CIPP
Keywords:
evaluasi Program; pembelajaran Fisika; CIPPAbstract
Penyelenggaraan pendidikan harus memberikan informasi dan pertanggungjawaban kepada publik dan stakeholder tentang berbagai aspek yang terkait dengan pelaksanaan dan hasil yang dicapai. Evaluasi program berguna untuk mengevaluasi pembelajaran dan perbaikan-perbaikan. Evaluasi Program bertujuan untuk mengetahui keberhasilan suatu program pembelajaran secara menyeluruh, termasuk untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki. Evaluasi pembelajaran fisika Inti ini menggunakan model CIPP ( context, input, Process, dan product). Hasil dari penelitian ini adalah 1. Evaluasi Context program , bahwa pembelajaran Fisika Inti memiliki karakteristik pemahahaman konsep dan matematika sedangkan hasil angket bahwa pembelajaran Fisika inti. 2. Evaluasi Input terhadap pembelajaran fisika inti adalah kemampuan matakuliah pendukung ditunjukkan dengan kesiapan sumber belajar dan bahan ajar, kepatuhan terhadap aturan dan kesiapan untuk memelajari materi yang akan dipelajari 3. Bahwa Process pembelajaran dilakukan secara on line sehingga evaluasi Proses meliputi kesesuaian waktu perkuliahan dengan jadwal, perilaku mahasiswa dalam perkuliahan dengan menghidupkan kamera/ mematikan kamera, tingkat kefahamana terhadap proses pembelajaran dan keaktifan bertanya terhadap materi yang belum faham. 4. Evaluasi Produk, dalam hal evaluasi bahwa 100% mahasiswa lulus dalam perkuliahan. Rekomendasi bahwa perlu adanya pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan karakteristik materi fisika inti bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan computational thinking (52%), problem base learning ( 45%) dan lainnya ( 3%),