Analisis Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Peserta Didik MAN 1 Semarang untuk Pembelajaran Fisika Berdiferensiasi Materi Teori Kinetik Gas

Authors

  • Eka Nurmaya Magister Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana, UNNES, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Ani Rusilowati Magister Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana, UNNES, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Sulhadi Sulhadi Magister Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana, UNNES, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

gaya belajar; visual; Auditori; Kinestetik; Pembelajaran Fisika Berdiferensiasi; MIKiR; e-LKPD

Abstract

Pembelajaran fisika berdiferensiasi memandang setiap peserta didik mempunyai kebutuhan yang berbeda dalam proses pembelajaran fisika. Asesmen diagnostik gaya belajar dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar tiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik gaya belajar peserta didik dan mendesain pembelajaran fisika berdiferensiasi pada materi Teori Kinetik Gas. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode diskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 133 peserta didik fase E kelas X4, X5, X6, dan X7 MAN 1 Kab.Semarang tahun akademik 2022-2023. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner dan instrumen praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,86% peserta didik mempunyai gaya belajar visual, 27,82% mempunyai gaya belajar auditory, dan 26,32% mempunyai gaya belajar kinestetik. kelas X-4 didominasi gaya belajar auditori dengan persentase 38.89%, Kelas X-5, X-6, dan X-7 didominasi gaya belajar Visual dengan persentase masing-masing 61.11%, 42.86%, dan 46.15%. Desain pembelajaran fisika berdiferensiasi adalah Pembelajaran dengan pendekatan aktif MIKiR berbantu e-LKPD berdiferensiasi dengan berbasis MIKiR terintegrasi nilai keislaman. Desain hasil penelitian dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika berdiferensiasi materi Teori Kinetik Gas. Dengan demikian desain tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles