Kecemasan Akademik dan Perilaku Mencontek Ditinjau dari Faktor Psikologis Mahasiswa

Authors

  • Eko Perianto Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan, Universitas PGRI Yogyakarta, Jl. PGRI I Nomor 117 Kasihan Bantul Yogyakarta, Indonesia
  • Andi Dian Rahmawan Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan, Universitas PGRI Yogyakarta, Jl. PGRI I Nomor 117 Kasihan Bantul Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Kecemasan akademik, Mencontek, Aspek psikologis, perilaku negative, motif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan tentang kecemasan akademik mahamahasiswa  dan perilaku tidak jujur ditinjau dari faktor psikologis yang dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa  memiliki berbagai alasan dalam mencontek selama ujian, beberapa diantaranya disebabkan oleh kecemasan dan kekhwatiran akan gagal dalam ujian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengambarkan data apa adanya yang ditemui dilapangan. Penelitian deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik populasi atau fenomena yang sedang diteliti. Penelitian ini mengadopsi jenis penelitian semi-structured interview dengan mencari pola dan prespektif terhadap penyebab mahasiswa  melakukan kecurangan pada saat ujian baik dalam ujian tatap muka secara langsung maupun ujian secara online. Dengan menggunakan grounded theory analysis, penelitian ini menemukan bahwa kurangnya pengawasan dari guru saat ujian menyebabkan mahasiswa  mencontek. Kurangnya motivasi untuk mengerjakan ujian secara jujur. Selain itu memberikan dan menerima jawaban dari pertanyaan ujian merupakan hal yang biasa bagi responden dari penelitian ini.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles