Urgensi dan Tantangan Mengajarkan Pendidikan Kebencanaan Melalui Pembelajaran IPA

Authors

  • Elvara Norma Aroyandini Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ani Rusilowati Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hartono Hartono Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Amin Retnoningsih Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aditya Marianti Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nur Hamid Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang, Jalan Prof. Dr. Hamka No.3, RW.5, Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Juhadi Juhadi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

pendidikan kebencanaan; pembelajaran IPA; literasi kebencanaan

Abstract

Pendidikan kebencanaan di negara yang rawan bencana seperti Indonesia merupakan suatu keharusan. Pendidikan kebencanaan salah satunya dapat dilakukan di sekolah melalui integrasi dengan pembelajaran IPA. Penelitian naratif reviu ini akan menganalisis secara mendalam literatur terkait integrasi pembelajaran IPA dengan pendidikan kebencanaan. Sebanyak 25 artikel jurnal dan prosiding internasional bereputasi maupun nasional terindeks akan dianalisis guna mengetahui tentang urgensi dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan kebencanaan melalui integrasi dengan pembelajaran IPA. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan kebencanaan dapat dilakukan melalui pembelajaran IPA. Hal tersebut sangat urgent untuk dilakukan diantaranya karena kejadian bencana di Indonesia terus mengalami perubahan, seiring perubahan iklim; karena literasi kebencanaan siswa yang rendah; serta belum meratanya pendidikan kebencanaan. Integrasi tersebut pada akhirnya menjadi pilihan yang paling efektif. Meskipun begitu, dalam pengimplementasiannya ditemukan tantangan selama proses pelaksanaan pendidikan kebencanaan yang terintegrasi pendidikan IPA yaitu terkait aspek regulasi dan mandat, kemampuan guru, panduan dan bahan ajar, kemampuan inovasi dan kerja sama, pendanaan, serta partisipasi siswa. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles