Analisis Literasi Statistik Pada Calon Guru SD ditinjau dari Kecemasan Matematika

Authors

  • Ema Butsi Prihastari Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, Indonesia
  • Isti Hidayah Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, Indonesia
  • Masrukan Masrukan Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, Indonesia
  • Bambang Eko Susilo Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, Indonesia
  • Nuriana Rachmani Dewi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, Indonesia

Keywords:

literasi statistik; kecemasan matematika; latar belakang pendidikan

Abstract

Pentingnya literasi statistik dalam kehidupan sehari-hari terutama di era globalisasi berhubungan erat dengan pengetahuan matematika. Seseorang yang mengalami kecemasan matematika akan berkorelasi dengan hasil tes literasi statistiknya. Tujuan penelitian ini mendapatkan gambaran secara mendalam terkait mahasiswa calon guru SD dalam mempelajari materi statistik yang ditinjau dari kecemasan matematika dan latar belakang pendidikan terakhirnya. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian pada variabel literasi statistik dan kecemasan matematika mahasiswa calon guru SD salah satu Universitas Swasta di kota Surakarta. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling berdasarkan kategori Tinggi, Sedang, dan Rendah literasi statistiknya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model siklus, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan: 1) mahasiswa dengan kategori Tinggi dengan latar belakang pendidikan terakhir SMA konsentrasi IPA memiliki tingkat kecemasan Rendah, 2) mahasiswa dengan kategori Sedang, SMA konsentrasi IPS memiliki tingkat kecemasan Sedang, dan 3) mahasiswa dengan kategori Rendah berasal dari SMK Multimedia dengan tingkat kecemasan Sedang. Manfaat penelitian ini bagi civitas akademika dalam mengajar materi statistik untuk memberikan inovasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi mahasiswa calon guru SD.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles