Digital Storytelling: Studi Kasus Pengajaran Bahasa Inggris dalam Kecakapan Berbicara pada Mahasiswa
Keywords:
digital storytelling; motivasi belajar; pengajaran bahasa Inggris; mahasiswa; kecakapan berbicaraAbstract
Kemajuan baru dalam teknologi biasanya membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan, pada gilirannya, meningkatkan motivasi mereka. Studi ini mengeksplorasi penerapan digital storytelling dalam pengajaran bahasa Inggris dalam kecakapan berbicara pada mahasiswa . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan melibatkan mahasiswa sebagai partisipan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan dapat dengan mudah menghasilkan cerita yang komunikatif dan mudah dipahami dengan menggunakan digital storytelling. DST memupuk kemandirian, kreativitas, dan motivasi pembelajar untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, menulis cerita mereka sendiri tentang topik yang sudah dikenal membantu mereka meningkatkan kefasihan mereka dalam bahasa Inggris, sehingga mereka berkontribusi secara aktif dan suportif dalam kegiatan berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini merekomendasikan agar digital storytelling dijadikan pilihan pedagogis yang layak untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa khususnya pada level perguruan tinggi.