Pengembangan Buku Cerita Bergambar Edukasi Kebersihan Diri Dan Lingkungan untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fadli Surahman Program Studi Doktor Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Rahmat Sanusi Program Studi Doktor Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Anggy Ayu Marsela Program Studi Doktor Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

pengembangan; buku bercerita bergambar; sekolah dasar

Abstract

Masih rendahnya pengetahuan dan implementasi siswa tentang kebersihan diri dan lingkungan, dan masih kurangnya media edukasi kebersihan diri dan lingkungan. Tujuan yang dicapai dalam penelitian adalah untuk menghasilkan kelayakan buku cerita bergambar ditinjau dari ahli materi,   ahli desain, guru, dan respon siswa. Jenis penelitian yaitu research and development pada model ADDIE yaitu melakukan Analysis, membuat Design, melakukan Development Implementation dan melakukan Evaluations. Hasil penelitian ini adalah 1) Ditinjau dari ahli materi dengan nilai rata-rata 3,77, berarti Layak. 2) Ditinjau dari ahli desain dengan nilai rata-rata 4,65 berarti Sangat Layak. 3) Ditinjau dari guru sebagai pengguna memberikan nilai rata-rata 4,68 berarti Sangat layak. 4) Ditinjau dari minat siswa terhadap buku edukasi cerita bergambar kebersihan diri dan lingkungan siswa sekolah dasar dengan nilai 4,2 berarti sangat layak. Penelitian ini sangat berguna untuk memberikan edukasi kebersihan diri dan lingkungan untuk siswa sekolah dasar, sehingga siswa bisa memperhatikan kebersihan dimanapun mereka berada.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles