Merancang Pembelajaran Bermakna: Mengembalikan Pembelajaran yang Hilang (Learning Loss) Pada Siswa Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Fajar Fajar Program Doktoral IPS, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arum Ambarsari Program Doktoral IPS, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muh. Sholeh Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

learning loss; pembelajaran inquiri; pembelajaran bermakna; teori kognitif

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan tentang pembelajaran bermakna berbasis teori kognitif melalui rancangan kegiatan pembelajaran IPS inquiri. Artikel konseptual ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperloleh menggunakan studi kepustakaan. Studi pustaka ini digunakan untuk pengumpulan informasi dan data secara mendalam melalui literatur berupa buku teks, artikel jurnal dan dokumen yang lainnya untuk menggambarkan konteks yanga dibahas dan memberikan jawaban secara konseptual tujuan artikel ini. Data dianalisis dengan menggunakan cara 1) deduktif; 2) induktif;  dan 3) interpretatif. Pembelajaran IPS selama ini dilakukan melalui proses belajar transfer konsep dan materi, karena itu sisi kognitif lebih ditekankan dan ini menghasilkan memori jangka pendek dan tidak memberikan kebermaknaan mendalam bagi siswa. Teori kognitif David Ausubel mengarahkan pembelajaran dilakukan dengan cara menemukan karena akan memberikan pemahaman yang lebih baik dari cara menghafal. Perlu dilakukan proses pengkaitan dari apa yang telah dimiliki siswa dengan apa yang akan dipelajari, melalui cara menemukan, maka pemahaman siswa terbangun sekaligus dapat menghasilkan makna. Praktik belajar inquiri untuk menghasilkan pembelajaran bermakna dapat dilakukan melalui tahapan pra kegiatan dengan menyusun skenario, tahap pelaksanaan siswa mendayagunakan kemampuan menemukan dan mengolah informasi, dan tahap evaluasi siswa mengkonfirmasikan hasil perolehan informasinya. Pembelajaran inquiri dengan langkah di atas memungkinkan siswa memperoleh kebermaknaan setelah belajar IPS.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles