Optimalisasi Sekolah Tangguh Bencana Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Mata Pelajaran IPS sebagai Upaya Mitigasi Bencana Banjir di Kota Semarang

Authors

  • Ferani Mulianingsih Program Studi Pendidikan IPS S3, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III No.15 Semarang, Indonesia
  • Erni Suharini Program Studi Pendidikan IPS S3, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III No.15 Semarang, Indonesia
  • Eko Handoyo Program Studi Pendidikan IPS S3, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III No.15 Semarang, Indonesia
  • Arif Purnomo Program Studi Pendidikan IPS S3, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III No.15 Semarang, Indonesia

Keywords:

banjir; mitigasi bencana; kearifan lokal; sekolah tangguh bencana

Abstract

Sekolah Menengah Pertama yang terdampak banjir berdasarkan data BPBD tahun 2022 sebanyak 142 sekolah. Bencana banjir harus dihadapi melalui edikasi mitigasi bencana di satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi sekolah menengah pertama tangguh bencana berbasis teknologi yang terintegrasi kearifan lokal sebagai upaya mitigasi bencana banjir di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu, sekolah tangguh bencana ini berintikan kearifan lokal sebagai ciri khas dalam menanggulangi bencana banjir, serta memadukan kearifan lokal tersebut dengan perkembangan teknologi. Beberapa hal yang direncanakan melalui pembelajaran di kelas, salah satunya pada mata pelajaran IPS melalui pengkajian risiko, manajemen risiko dan pengurangan kerentanan, peningkatan pengetahuan dan pendidikan kebencanaan.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles