Hambatan Perilaku Mencari Bantuan Konseling Konselor Pada Siswa Etnis Arab

Authors

  • Gunawan Gunawan Postgraduate Faculty of Semarang State University. Gedung B 202 Pascasarjana UNNES, Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang
  • Dwi Yuwono Pudji Sugiharto Postgraduate Faculty of Semarang State University. Gedung B 202 Pascasarjana UNNES, Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang
  • Sugiyo Sugiyo Postgraduate Faculty of Semarang State University. Gedung B 202 Pascasarjana UNNES, Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang
  • Sunawan Sunawan Postgraduate Faculty of Semarang State University. Gedung B 202 Pascasarjana UNNES, Kelud Utara III Petompon Gajahmungkur Semarang

Keywords:

Arab; perilaku help-seeking konseling; konselor

Abstract

Siswa yang memasuki usia remaja banyak mengalami perubahan. Kesulitan penyesuaian perubahan ini menimbulkan masalah dan perilaku salah suai, sehingga perlu perilaku help-seeking konseling konselor sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hambatan perilaku help-seeking konseling  konselor di sekolah pada siswa etnis Arab

Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan metode quasi kualitatif dengan pendekatan etnografi.. Sumber penelitian dengan menggunakan 12 partisipan dan  2 responden . Pengambilan data dengan teknik wawancara mendalam. Data dianalisis  menggunakan Analisis Data Kualitatif  dengan aplikasi NVivo12. Ada tiga tema utama sebagai hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku help-seeking  konseling ke konselor sekolah disebabkan oleh ketidakpercayaan pada konselor , stigma negative tentang konseling , dan  sikap negatif  terhadap konseling.Hasil penelitian menunjukkan  hambatan perilaku mencari bantuan konseling ke konselor  siswa etnis Arab, bersumber dari ketidakpercayaan kepada konselor, adanya stigma negative terhadap siswa yang konseling sebagai siswa yang nakal, berdosa, dan sikap negative yang bersumber dari nilai-nilai kultural orang Arab yaitu pelanggar iman. Implikasi penelitian ini merubah strategi konseling dengan memperhatikan konteks budaya dan cybercounseling.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles