Dampak Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pengajaran Bahasa Inggris di Perguruan tinggi: Tantangan dan Peluang

Authors

  • Hariyanto Subiyantoro Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia
  • Rudi Hartono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia
  • Sri Wuli Fitriati Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia
  • Abdurrahman Faridi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia

Keywords:

Kecerdasan buatan; pengajaran Bahasa Inggris; Perguruan tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kecerdasan buatan (AI) pada pengajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi. Ruang lingkup studi terbatas pada peluang dan tantangan pengajaran bahasa Inggris. Studi ini dilakukan denganĀ  menggunakan metode campuran dari melakukan survei dan wawancara mendalam. Sebuah tautan kuesioner menggunakan Google Form dari Spreadsheet dikirim ke dosen bahasa Inggris melalui grup WhatsApp dan kontak pribadi. Sampel penelitian terdiri dari 16 dosen bahasa Inggris dari universitas negeri dan swasta di Jawa tengah. Analisis kuesioner dan transkrip wawancara menunjukkan bahwa munculnya teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menciptakan peluang dan tantangan untuk mengajar dan belajar bahasa Inggris. AI telah mengubah pengajaran bahasa Inggris di pendidikan tinggi. Para dosen bahasa Inggris menggunakan berbagai jenis AI untuk berbagai tujuan, mengajukan dan memecahkan pertanyaan dan memeriksa kesalahan tata bahasa, mengecek plagiarisme, parafrase, dan meninjau literatur. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa AI memiliki berbagai keuntungan untuk pengajaran dan belajar bahasa, termasuk deteksi plagiarisme dan kesalahan tata bahasa. Selain itu, AI telah menciptakan peluang dan tantangan untuk masa depan pengajaran bahasa Inggris. AI membutuhkan keterampilan digital untuk digunakan. Profesi mengajar bahasa Inggris mungkin akan diambil alih oleh AI di masa depan, jadi dosen bahasa Inggris harus terus meningkatkan kemampuan digital.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles