Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Keamanan Psikologis, dan Efikasi Diri Terhadap Kapabilitas Inovasi Guru melalui Manajemen Pengetahuan pada Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati

Authors

  • Hartuti Hartuti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rusdarti Rusdarti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arief Yulianto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

kepemimpinan; iklim keamanan psikologis; efikasi diri terhadap kapabilitas inovasi guru; manajemen pengetahuan

Abstract

Kenyataan dilapangan seseorang yang berprofesi guru Taman Kanak Kanak belum memahami secara mendalam serta belum memiliki perilaku inovasi dalam proses pembelajaran di sekolah.

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa aspek inovasi guru dianggap sebagai sumber utama keunggulan kompetitif organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan, iklim keamanan psikologis, dan efikasi diri terhadap kapabilitas inovasi yang dimediasi oleh manajemen pengetahuan. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, iklim keamanan psikologis, dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap kapasitas inovasi guru, serta berpengaruh positif terhadap manajemen pengetahuan. Adapun manfaat penelitan ini adalah untuk meningkatkan strategi manajemen PAUD di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Pati.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles