Persepsi Guru BK Tentang Konselor Masa Depan

Authors

  • Hasan Bastomi Bimbingan dan Konseling Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Agus Nuryatin Bimbingan dan Konseling Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sugiyo Sugiyo Bimbingan dan Konseling Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Anwar Sutoyo Bimbingan dan Konseling Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Persepsi; Guru BK; Konselor; Masa Depan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru BK di Kabupaten Kudus tentang Konselor masa depan. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Wawancara (Interview), Observasi (Pengamatan) dan Dokumentasi. Adapusn subyek penelitian atau informan dalam peneliti ini adalah guru BK jenjang SMP/ MTs dan SMA/ MA di Kabupaten Kudus kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi guru BK di Kabupaten Kudus tentang Konselor masa depan adalah konselor yang memiliki karakteristik antara lain: (1) Konselor masa depan adalah konselor yang selalu meningkatkan literasi global dalam artian menemukan cara untuk bekerja secara efektif dalam pelayanan konseling dengan memanfaatkan dan menggunakan teknologi. (2) Konselor masa depan adalah konselor yang dalam menjalankan profesi konseling kreatif, inovatif, produktif dan menyenangkan, (3) Konselor masa depan adalah dalam praktik konseling online tidak dapat dipisahkan dari teknologi dan Konselor online harus mengikuti tren teknologi dalam konseling online. (4) Konselor masa depan adalah konselor yang memiliki identitas profesional konselor diperoleh melalui pendidikan dalam profesi konseling, dan telah memiliki kompetensi dalam teori dan praktik konseling. (5) Konselor abad 21 dalam menjalankan profesi konseling harus didasarkan bukti sebagai akuntabilitas suatu profesi. (6) Konselor abad 21 adalah sebagai Pemimpin Kolaborasi. (7) Konselor masa depan adalah Konselor Sekolah Sebagai Advokasi, (8) Konselor masa depan Harus Mampu Melakukan Koordinasi, Kolaborasi, dan Manajemen Sumber Daya.   

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles