Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dalam Pembelajaran Teks Biografi

Authors

  • Hermansyah Hermansyah Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung Pati, Central Java, Indonesia
  • Rudi Hartono Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung Pati, Central Java, Indonesia
  • Frimadhona Syafri Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung Pati, Central Java, Indonesia
  • Rahayu Puji Haryanti Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung Pati, Central Java, Indonesia

Keywords:

pengembangan; media; pembelajaran; video; animasi

Abstract

Video Animasi ialah satu dari banyak media yang biasa dan sering digunakan dalam kebutuhan pembelajaran di kelas khususnya pembelajaran bahasa. Penggunaan video animasi ini diklaim dapat membantu mendongkrak hasil belajar peserta didik  karena peserta didik  dapat merangsang proses pembelajaran dengan cara melihat objek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi bagi siswa kelas X yang sedang mempelajari buku biografi untuk meningkatkan semangat dan minat belajar peserta didik .  Penelitian R&D atau biasa kita kenal dengan penelitian dan pengembangan merupakan teknik penelitian yang diterapkan dalam studi ini.  Dokumentasi, angket, dan tes digunakan bersamaan dengan bahan ajar seperti teks biografi yang berikan kepada peserta didik, sebagai bagian dari teknik pengumpulan data penelitian ini.  Harapannya, hasil penelitian ini akan berguna bagi para pengajar, lembaga, dan peneliti lainnya. Berdasarkan temuan validasi dari ke-tiga ahli, maka desain produk materi, media pembelajaran, dan video dinyatakan layak digunakan di kelas X. Hasil uji coba produk kelompok kecil sebesar 96,00%, dan hasil uji coba produk kelompok besar sebesar 96,80% dinilai sangat baik.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles