Identifikasi Karakteristik Entrepreneurship Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani

Authors

  • Ilham Arvan Junaidi Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Karakteristik Enterpreneurship; Pendidikan Jasmani

Abstract

Enterpreneur merupakan keterampilan tambahan yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam persiapan menghadai dunia kerja serta membuka lapangan pekerjaan. Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya karakteristik entrepreneurship mahasiswa Pendidikan jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik entrepreneurship mahasiswa. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif yaitu bertujuan untuk mengidentifikasi karkteristik entrepreneurship mahasiswa Pendidikan jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang.

Populasi dalam peneitian ini adalah siswa program studi pendidikan jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang yang telah mengikuti matakuliah kewirausahaan berjumlah 267 orang, penarikan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didaparkan sampel sebanyak 74 orang. Teknik pengambilan data adalah dengan menyebarkan instrument tes pilihan ganda kepada mahasiswa yang menjadi sampel penelitian. Analisis data penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif.

Berdasarkan jawaban dari 74 mahasiswa yang menjadi responden, dapat skor rata-rata (mean) pengetahuan karakteristik mahasiswa adalah dengan presentase 77,93% yang diperoleh dari 6 indikator, hal ini terlihat dari jawaban yang diberikan terhadap indikator yang terdapat pada pertanyaan tentang pengetahuan karakteristik entrepreneurship mahasiswa dalam bidang olahraga yaitu rata-rata (mean) untuk indikator karakteristik dengan tingkat presentase 69.71% diklasifikasikan baik, (mean) untuk indikator kepribadian dengan tingkat presentase 72.11% diklasifikasikan baik, (mean) untuk indikator faktor kegagalan dengan tingkat presentase 91,25% diklasifikasikan baik sekali, (mean) untuk indikator motivasi dengan tingkat presentase 91,58% diklasifikasikan baik sekali, (mean) untuk indikator inovasi dengan tingkat presentase 67,35% diklasifikasikan baik, (mean) untuk indikator manfaat dengan tingkat presentase 76.58% diklasifikasikan baik. Dengan demikian pengetahuan karakteristik entrepreneurship mahasiswa program studi pendidikan jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang dikategorikan baik.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles