Model Pembelajaran Klinik Keperawatan Medikal Bedah Pendekatan Saintifik

Authors

  • Ismonah Ismonah Program Pascasarjana, Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Oktia Woro Kasmini Handayani Program Pascasarjana, Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyono Wahyono Program Pascasarjana, Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Suminar Program Pascasarjana, Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Klinik; Keperawatan Medikal Bedah; Pendekatan Saintifik

Abstract

Pengalaman belajar klinik merupakan suatu proses transformasi peserta didik menjadi seorang perawat yang profesional, dengan memberikan kesempatan bagi peserta didik beradaptasi dengan perannya sebagai perawat profesional.  Selain itu juga berperan dalam membina sikap, pandangan, dan kemampuan profesional lulusan, perawat mampu bersikap dan berpandangan profesional, berwawasan keperawatan yang luas, serta mempunyai pengetahuan ilmiah keperawatan yang memadai,  serta menguasai keterampilan profesional secara baik dan benar. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi, konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep atau prinsip yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran klinik keperawatan medikal bedah pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Dengan mengidentifikasi kondisi yang ada saat ini, kemudian menyusun sebuah model dan dilakukan uji coba, agar mendaptkan suatu bentuk model yang sesuai. Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan model manajemen pembelajaran klinik keperawatan medikal bedah efektif dalam meningkatkan kompetensi klinik peserta didik yang meliputi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kompetensi klinik ditunjukan dengan kemampuan peserta didik dalam melaksanakan praktik klinik kepada pasien, melalui asuhan keperawatan. Implikasi dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Klinik Pendekatan Saintifik dapat diterapkan kepada mahasiswa yang praktik keperawatan medikal bedah, guna meningkatkan kompetensi klinik mahasiswa keperawatan.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles