Implementasi Literasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Laelia Nurpratiwiningsih Pendidikan IPS (S3), Pascasarjana, UNNES, Jl. Kelud Raya Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50237, Indonesia
  • Rusdarti Rusdarti Pendidikan IPS (S3), Pascasarjana, UNNES, Jl. Kelud Raya Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50237, Indonesia
  • Joko Widodo Pendidikan IPS (S3), Pascasarjana, UNNES, Jl. Kelud Raya Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50237, Indonesia
  • Tjaturahono Budi Sanjoto Pendidikan IPS (S3), Pascasarjana, UNNES, Jl. Kelud Raya Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50237, Indonesia

Keywords:

implementasi; literasi; sekolah dasar

Abstract

Program literasi sangat penting dalam membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan dasar membaca, menulis dan berbicara agar dapat berpikir kritis pada era globalisasi sekarang terutama bagi peserta didik di sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis implementasi literasi di sekolah dasar. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SD Negeri Harjosari Lor 1 dengan pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dengan pengumpulan, reduksi, penyajian dan kesimpulan data. Hasil menunjukkan bahwa Implementasi literasi yang dilaksanakan di SD Negeri Harjosari Lor 1 adalah membaca sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, pojok baca literasi, adanya karya mading kelas, bintang prestasi, hafalan juz ama dan doa harian, game pendidikan, serta menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah. Kegiatan literasi tersebut dapat berjalan dengan baik, hal ini terlihat dengan adanya kegiatan peserta didik dapat membaca dan memahami teks, dapat menulis dengan jelas, dan dapat membaca dengan lancar. Namun, masih terdapat kendala masih terbatasnya buku-buku bacaan di sekolah dasar dan keterbatasan sumber daya manusianya.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles