Pengaruh Pemasaran Viral Terhadap Niat Belajar Mahasiswa

Authors

  • Mahnun Yuniladewi Umaroh Prodi Pendidikan Seni S3, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Pemasaran Viral; Hiperealitas; Niat belajar

Abstract

Era digital mendorong dunia pendidikan untuk terus mengembangkan minat belajar mahasiswa dengan mengikuti perkembangan teknologi. Era digital juga telah mengubah cara Perguruan Tinggi dalam melakukan pemasaran dengan cara meningkatkan minat belajar mahasiswa. Salah satunya adalah penggunaan media sosial yang dinilai menjadi media yang paling efektif dan efisien dalam melakukan hal tersebut. Makalah ini membahas tentang pengaruh pemasaran viral melalui media sosial terhadap niat belajar mahasiswa. Media sosial yang akan digunakan sebagai contoh adalah Instagram yang saat ini sedang viral.

Teori yang digunakan adalah teori Simulasi/ Hiperealitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi partisipan, dan wawancara dengan 50 orang informan dalam 3 kelompok belajar di Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, wawancara dan analisis yang telah peneliti lakukan mengenai media sosial sebagai sebuah ruang hiperalitas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni media sosial instagram telah memenuhi unsur-unsur sebagai sebuah ruang hiperealitas menurut teori hiperealitas Baudrilard dan dapat meningkatkan niat belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan pemasaran perguruan tinggi tersebut.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles