Menguji Peran Efikasi Diri Pada Pembelajaran Berbasis Simulator Terhadap Resiliensi Taruna

Authors

  • Miran Miran Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suwito Eko Pramono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Joko Sutarto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arief Yulianto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Simulator; Efikasi Diri; Resiliensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pembelajaran Berbasis Simulator (PBS) terhadap resiliensi taruna melalui efikasi diri. Efikasi diri belum banyak diteliti dalam menentukan resiliensi taruna pada bidang vokasi. Penelitian turut menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap resiliensi taruna. Metode kuantitatif dengan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari 117 taruna Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang yang terlibat dalam program PBS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBS berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri dan resiliensi taruna. Selain itu, efikasi diri juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi taruna. Temuan ini menunjukkan bahwa PBS dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan resiliensi taruna. Penelitian ini dapat memberikan implikasi praktis bagi pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan resiliensi taruna.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles