Perspektif Siswa Terhadap Integrasi Kearifan Lokal Maluku Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Keywords:
perspektif siswa; Maluku; kearifan lokal; pembelajaran bahasa inggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap integrasi kearifan lokal Maluku dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa menengah pertama. Kualitatif deskriptif menjelaskan perspektif 45 siswa dari SMP Kristen Kusu-Kusu Sereh Ambon yang berasal dari berbagai suku di Maluku. 10 pernyataan diberikan kepada siswa menggunakan angket untuk mendapatkan tanggapan siswa terkait dengan tujuan penelitian ini. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan yang kuat untuk menangkap informasi baru dengan cepat dan proaktif dengan memasukan unsur kearifan lokal sebagai materi ajar bagi mereka untuk belajar bahasa Inggris dalam hal bagaimana membuat papeda (makanan pokok khas Maluku). Mereka pun percaya diri dengan kemampuan mereka untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan tentang langkah-langkah pembuatan papeda baik yang ditujukan kepada perorangan atau kelompok. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa meningkat dan mereka termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan mereka belajar mengenai sesuatu hal yang berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Serta penelitian ini dapat menjadi masukan dan rujukan bagi guru dalam memotivasi dan mendorong anak-anak di Maluku maupun daerah lain yang ada di Indonesia untuk dapat memanfaatkan kearifan lokal daerah mereka masing-masing yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan siswa mereka.