Tantangan dan Strategi Pengajar dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi Artificial Intelligence (AI), Study Kasus pada Mahasiswa Keperawatan dalam Penyelesaian Tugas Akhir
Keywords:
artificial intelegence ; hasil belajarAbstract
Teknologi artificial intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. ChatGPT, sebuah model percakapan besar (Large Language Model/LLM) berbasis AI, memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, termasuk di bidang keperawatan. Penggunaannya memberikan kemudahan, efektivitas, dan efisiensi dalam pengambilan keputusan pada aspek pendidikan, penelitian, dan praktek perawatan kesehatan. Meskipun AI sangat membantu, penggunaannya juga memunculkan beberapa tantangan dalam pemanfaatannya.
Program studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kudus mencantumkan muatan kurikulum 4 SKS skripsi. Sebelum mahasiswa memulai penyusunan, mata kuliah pendukung, buku panduan, dan apersepsi sudah diberikan. Namun, sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan menyusun ide judul dan latar belakang sesuai dengan target yang disepakati oleh pembimbing dan mahasiswa.Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan capaian hasil belajar sebelum dan setelah pemanfaatan OpenAI/ChatGPT dalam penulisan latar belakang skripsi.
Metode Penelitian Quasi eksperimen dengan model non equivalent control group design, populasi 20 mahasiswa semester 6 (sedang menyusun skripsi), 10 responden intervensi di berikan informasi tatacara pemanfaatan ChatGBT dan 10 responden control tanpa pemberian informasi tatacara pemanfaatan ChatGPT
Terdapat perbedaan capaian hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok control, dengan nilai uji t terhadap hasil test awal diperoleh t hitung > t tabel (3,685 >2.101) pada α =0,05 dengan df = 18 dan uji t terhadap hasil tes akhir di peroleh t hitung < tabel (-,814 < 2,101) pada α = 0,05 df = 18
ChatGBT bermanfaat memicu kreativitas, mempercepat proses penyelesaian tugas mahasiwa dalam aspek keruntutan ide, bahasa dan sumber pustaka. Namun demikian, tetap di perlukan pendampingan dan koreksi untuk memvalidasi kesesuaian isi dan sumber dari hasil pekerjaan mahasiswa.