Tantangan dan Strategi Pengajar dalam Menyikapi Perkembangan Teknologi Artificial Intelligence (AI), Study Kasus pada Mahasiswa Keperawatan dalam Penyelesaian Tugas Akhir

Authors

  • Noor Hidayah Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

artificial intelegence ; hasil belajar

Abstract

Teknologi artificial intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. ChatGPT, sebuah model percakapan besar (Large Language Model/LLM) berbasis AI, memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, termasuk di bidang keperawatan. Penggunaannya memberikan kemudahan, efektivitas, dan efisiensi dalam pengambilan keputusan pada aspek pendidikan, penelitian, dan praktek perawatan kesehatan. Meskipun AI sangat membantu, penggunaannya juga memunculkan beberapa tantangan dalam pemanfaatannya.

Program studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kudus mencantumkan muatan kurikulum 4 SKS skripsi. Sebelum mahasiswa memulai penyusunan, mata kuliah pendukung, buku panduan, dan apersepsi sudah diberikan. Namun, sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan  menyusun ide judul dan latar belakang sesuai dengan target yang disepakati oleh pembimbing dan mahasiswa.Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan capaian hasil belajar sebelum dan setelah pemanfaatan OpenAI/ChatGPT dalam penulisan latar belakang skripsi.

Metode Penelitian Quasi eksperimen dengan model non equivalent control group design, populasi 20 mahasiswa semester 6 (sedang menyusun skripsi), 10 responden intervensi di berikan informasi tatacara pemanfaatan ChatGBT dan 10 responden  control  tanpa pemberian informasi tatacara pemanfaatan ChatGPT

Terdapat perbedaan capaian hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok control,  dengan nilai uji t terhadap hasil test awal diperoleh  t hitung > t tabel (3,685 >2.101) pada α =0,05 dengan df = 18 dan  uji t terhadap hasil tes akhir di peroleh t hitung < tabel (-,814 <  2,101) pada α = 0,05 df = 18

ChatGBT bermanfaat memicu kreativitas,  mempercepat proses penyelesaian tugas mahasiwa dalam aspek keruntutan ide, bahasa dan sumber pustaka. Namun demikian, tetap di perlukan pendampingan dan koreksi untuk memvalidasi kesesuaian isi dan sumber dari hasil pekerjaan mahasiswa.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles