Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Trigonometri Berbasis Desain Didaktis

Authors

  • Noviana Dini Rahmawati Pendidikan Matematika, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, Indonesia
  • Muhammad Prayito Pendidikan Matematika, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, Indonesia
  • Andini Putri Salsabilla Pendidikan Matematika, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No.24 Semarang, Indonesia

Keywords:

kesulitan belajar; trigonometri; desain didaktis

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu materi yang penting dalam matematika yang diajarkan di jenjang SMA di setiap tingkatan kelas namun siswa masih merasa sulit dalam mempelajarinya. Hal ini mengakibatkan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana analisis kesulitan belajar matematika siswa SMA dalam memecahkan masalah aplikasi turunan fungsi trigonometri berbasis desain didaktis. Selain itu, peneliti akan menggolongkan hambatan belajar siswa kedalam jenis Epistemological Obstacle, Ontogenic Obstacle atau Didactical Obstacle. Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas XII MIPA 5 di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Analisis data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan tingkat kesulitan rendah dalam memecahkan masalah aplikasi turunan fungsi trigonometri berbasis desain didaktis, memenuhi 4 indikator dan mengalami kesulitan belajar pada kriteria Ontogenic Obstacle, subjek dengan tingkat kesulitan sedang, memenuhi 1 indikator saja dan mengalami kesulitan belajar pada kriteria Didactical Obstacle dan subjek dengan tingkat kesulitan tinggi, tidak memenuhi semua indikator dan mengalami kesulitan belajar pada kriteria Epistemological Obstacle. Dari hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan berbagai masalah matematika sehingga akan memiliki tingkat kesulitan rendah.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles