Kajian Kritis Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Terhadap Seni Tari Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Batang Hari

Authors

  • Nurmalinda Zari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Andi Dwi Resqi Pramana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dini Kausari Universitas Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Zulkaida Apriliyanti IAI Nusantara Batang Hari, Indonesia

Keywords:

Kearifan Lokal; Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Seni Tari

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana pemikiran pada mahasiswa jurusan Pendidikan islam anak usia dini terhadap pembelajaran seni tari berbasis kearifan lokal yang berkembang di kabupaten batang hari. Tujuan nya untuk mengetahui cara atau pandangan secara kritis pada mahasiswa Pendidikan islam anak usia dini di kampus Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari, dikaji dengan pembelajaran seni tari yang berbasis budaya kearifan lokal di Kabupaten Batang Hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek penelitian pada mahasiswa PIAUD IAI Nusantara Batang Hari. Hasil dari penelitian ini, memberikan manfaat baik bagi mahasiswa, program studi, kampus dan budaya kesenian di kabupaten Batang Hari, bahwa dengan pembelajaran pada mata kuliah seni tari berbasis budaya kearifan lokal ini memberikan pemahaman sekaligus upaya pelestarian tarian yang ada d Kabupaten Batang Hari,dan di aplikasikan pada mata kuliah seni tari pada mahasiswa jurusan PIAUD di IAI Nusantara Batang Hari. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles